Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

Cara Mengetahui Versi PHP Hosting Dari Dashboard WordPress

Cara Mengetahui Versi PHP Hosting Dari Dashboard WordPress – Menggunakan platform wordpress anda pasti akan melihat banyak file php didalam file manager hosting anda. Semua website yang menggunakan platform WordPress pasti menggunakan file php. File php memang digunakan untuk membuat sebuah data penting. Sebagian plugin juga menggunakan file php agar plugin mereka dapat bekerja dengan baik. File php lebih mudah digunakan dan juga lebih praktis dibandingkan dengan file html.

Perkembangan file php sekarang sudah meningkat dengan drastis. Pada bulan Desember 2016 versi php sudah beralih menjadi versi 7. Perusahaan besar beralih menggunakan php versi 7 dibandingkan dengan versi berikutnya. Karena dengan menggunakan php versi terbaru, sebuah website akan mendapatkan kecepatan loading yang maksimal dari yang sebelumnya. Untuk itu, saya merekomendasikan kepada anda untuk memilih php versi 7 terbaru dibandingkan sebelumnya.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana mengetahui versi php hosting dengan menggunakan dashboard wordpress. Dengan menggunakan cara ini, anda akan lebih mudah memeriksa apakah website anda menggunakan versi php terbaru atau masih menggunakan versi yang lama. Saya menyarankan untuk semua website, agar menggunakan php versi terbaru. Karena dengan menggunakan itu, website anda akan bekerja dengan maksimal.

Bagaimana cara mengetahui versi php Hosting dari Dashboard WordPress

Ada berbagai macam cara untuk mengetahui versi php hosting anda dari wordpress. Disini saya menggunakan plugin Display PHP Version yang dapat anda download dan memasangnya gratis di website anda. Dengan menggunakan plugin ini, anda akan melihat berapa versi php hosting yang anda miliki.

Cara Mengetahui Versi PHP Hosting Dari Dashboard WordPress

Gambar diatas adalah sebuah website yang menggunakan hosting Bluehost yang sekarang menggunakan php versi 5.6.29. Versi php ini sangat bagus untuk meningkatkan kecepatan loading website anda.

Kemudian apakah anda dapat mengubah versi php website anda ke versi yang terbaru. Tentu saja bisa, namun anda harus melihat apakah hosting yang anda gunakan mendukung php versi 7 terbaru atau tidak. Jika hosting anda mendukung, maka anda bisa dengan mudah mengubahnya menjadi verse terbaru. Sebaliknya, jika tidak menyediakan php versi terbaru, maka php websita anda tidak dapat di ubah.

Penting harus anda lakukan untuk menjadi seorang blogging yang menggunakan wordpress adalah:

  1. Harus selalu mengecek apakah semua file didalam file manager hosting anda bekerja dengan baik atau tidak. Hapus file yang tidak digunakan, untuk ini anda harus selalu berhati-hati memilih, mengedit dan menghapus file didalam file manager.
  2. Rutin untuk update plugin dan thema wordpess yang anda gunakan, namun sebuah anda melakukan itu. Sebaiknya anda backup dulu file didalamnya untuk menghindari adanya kompatibilitas atau masalah yang tidak di inginkan.
  3. Menghindari adanya file yang bukan dari wordpress langsung atau belum terpercaya. Karena jika file tersebut terinfeksi oleh virus malware. Itu semua akan berdampak buruk untuk website anda.

Sekarang mari kita belajar bersama untuk mengetahui apakah website kita compatible atau cocok dengan php versi terbaru. Kita tidak perlu mengeceknya di hosting, kita hanya perlu menggunakan plugin untuk mengecek apakah bisa di upgrade ke php versi 7 atau tidak.

Plugin yang harus digunakan adalah PHP Compatibility Checker yang dikembangkan oleh wpengine. Plugin ini tersedia di wordpress dan dapat anda download secara gratis di wordpress anda. Silahkan anda instal langsung plugin ini.

PHP Compatibility Checker

Plugin PHP Compatibility Checker akan melihat thema wordpress yang anda gunakan. Selain thema/template, plugin ini juga akan menganalisis semua plugin yang anda gunakan. PHP Compatibility Checker akan melihat apakah website anda dapat di ubah menjadi php versi 7 terbaru atau tidak.

Cek PHP versi 7 compatible untuk wordpress

Cara menggunakannya adalah silahkan anda instal plugin Cek PHP versi 7 compatible untuk wordpress dan jangan lupa di aktifkan. Buka pada menu Tools kemudian pilih PHP Compatibility dan klik Scan Site. Untuk mengecek bagian tema dan plugin, anda dapat memilih Only scan active plugin and themes. Atau anda dapat memilih Scan all plugin and themes untuk memeriksa apakah semua plugin dan thema anda dapat di update versi php ke versi php 7.

Plugin yang bisa di update php versi 7 terbaru

Jika tampilannya seperti diatas, maka semua plugin dan thema anda dapat di update ke versi php 7 terbaru. Anda dapat mengubah semua plugin dan thema wordpress anda menjadi php versi 7.

Kesimpulannya: Memilih versi php lama atau baru memang akan mempengaruhi kecepatan loading dan kesehatan situs. Anda boleh mengubah website anda menggunkanan versi php 7 terbaru atau php versi yang lainnya. Namun untuk memaksimalkan website anda, saran saya untuk memilih php versi 7. Apabila ada kesalahan dalam pengubahan versi php. Silahkan anda menghubungi layanan hosting yang anda gunakan untuk mengatasi masalah yang anda alami.

Seperti ituah penjelasan dari saya tentang Cara Mengetahui Versi PHP Hosting Dari Dashboard WordPress. Semoga artikel ini dapat menambah banyak ilmu kita semua seorang blogger untuk memaksimalkan kesehatan website dan kesepatan loading situs website. Jangan lupa tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan. Jangan lupa juga untuk share artikel ini di sosial media milik anda. Agar semua teman blogger kita dapat mengetahui tentang ilmu ini. Terima kasih salam #ARS

No Comments Yet.

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.