Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

Cara membuat Database dengan XAMPP offline

Cara membuat Database dengan XAMPP offline akan menjadi topik pembahasan pada artikel terbaru Abizar-Rasdan.com tempat belajar blogger pemula. Sekarang saya akan menjelaskan tentang cara membuat database serta mysql dengan menggunakan software xampp secara offline. Dengan menggunakan software xampp kita dapat berkreasi membangun blog tanpa harus membeli domain dan hosting baru. Karena Xampp adalah software untuk belajar membangun website secara offline dan gratis.

Pertama yang harus anda lakukan adalah download software XAMPP terlebih dahulu, anda bisa mencarinya di penelusuran google mengan mengetik Download software XAMPP. Setelah anda download silahkan anda instal di komputer atau laptop anda.

Setelah anda instal dengan baik dan benar. Silahkan anda buka aplikasi XAMPP di komputer anda. Pastikan software XAMPP anda berjalan dengan baik tanpa error. Untuk mengecek apakah software anda error atau tidak. Cek kembali dengan mengetik http://localhost/xampp di browser anda. Anda akan melihat status software XAMPP anda. Jika berjalan dengan baik maka akan tampil gambar seperti dibawah ini.
Cara membuat Database dengan XAMPP offline tahap 1

Cara membuat Database dengan XAMPP offline



Sebelum menginstal CSM WordPress menggunakan software XAMPP. Terlebih dahulu anda harus membuat database agar saat menginstal wordpress, blog anda dapat berjalan dengan baik. Karena database berguna untuk menyimpan data-data penting sebuah blog seperti postingan dan lainnya.

  1. Pertama anda harus masuk ke phpmyadmin menggunakan software XAMPP. Dengan mengunjungi ke phpmysql anda akan menampilkan halaman pertama mysql milik anda yang masih kosong dan belum ada isinya. Tulis pada address di browser anda seperti ini http://localhost/phpmyadmin dan anda akan masuk ke halaman pertama mysql milik anda. Lihat gambar dibawah ini.
    Cara membuat Database dengan XAMPP offline tahap 2
  2. Kedua pilih menu Databases yang ada pada navigasi. Silahkan anda memasukan nama database anda yang mudah di ingat, jangan sampai anda lupa dengan nama database yang anda buat. Alangkah baiknya jika anda mencatatnya di notepad. Kemidian klik Create. Lihat gambar dibawah ini. Di taham ini saya memasukan nama database yaitu “blogku”
    Cara membuat Database dengan XAMPP offline tahap 3
  3. Ketiga saatnya membuat nama user baru untuk database yang baru anda buat sebelumnya. Untuk membuat user silahkan anda masuk ke database yang baru anda buat. Kemudian pilih Privileges dan kemudian klik Add user. Perhatikan gambar dibawah ini.
    Cara membuat Database dengan XAMPP offline tahap 4
  4. Keempat anda akan diarahkan ke tampilan baru ketika sudah mengeklik add user. Di tahap ini anda harus mengisi semua data yang diperlukan untuk mengakses website anda.
      • Username : isi username anda ( Bebas )
      • Host : isi dengan ( localhost )
      • Passwords : isi dengan password anda ( Bebas )
      • Re-tipe : Masukan kembali passwords anda
      • Centang pada pilihan “grant all privileges on database”
      • Scroll ke bawah dan pilih “Check All”
      • Kemudian klik add user
      • Perhatikan gambar dibawah ini.

    Cara membuat Database dengan XAMPP offline tahap 5 Cara membuat Database dengan XAMPP offline tahap 6

Setelah anda melakukan langkah-langkah diatas, maka database baru anda akan dibuat dengan baik dan benar, database yang dibuat ini belum termasuk settingan pada phpmysql dan username serta passwords untuk login pada http://domainanda.com/wp-admin/

Dilain waktu saya akan membuatkan cara instal XAMPP pada komputer dan cara instal wordpress menggunakan software XAMPP. Semoga artikel diatas dapat membantu anda dalam membangun website menggunakan software XAMPP secara offline.

Sebelum anda membuat website berbayar dengan membeli domain dan hosting. Sebaiknya anda belajar dulu cara membangun website secara gratis menggunakan software XAMPP. Agar anda menguasai banyak tahapan dalam membangun website terbaik. Terima kasih sudah berkunjung pada artikel baru Cara membuat Database dengan XAMPP offline. Salam Blogger Indonesia #ARS

1 Response
  • […] Begitulah cara instal XAMPP pada pc komputer dengan sistem operasi windows. Sekarang anda sudah dapat menggunakan aplikasi XAMPP dengan baik. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menginstal wordpress pada XAMPP. Dan membuat database di XAMPP. Jika tidak tau caranya silahkan baca Cara membuat Database dengan XAMPP offline. […]

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.