Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

Cara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP

Cara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP – Setelah sebelumnya saya memberikan cara install XAMPP di pc dan cara buat database dengan XAMPP. Sekarang saatnya saya membagikan tutorial cara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP. Silahkan anda simak penjelasan dari saya dengan cermat dan tidak setengah-setengah.

install wordpress di localhost menggunakan XAMPP sebenarnya sangat mudah sekali untuk yang sudah bisa. Tapi bagi anda yang tidak mengetahui caranya. Inilah saat yang tepat anda untuk belajar tentang website offline.

Sebelumnya anda harus menginstall aplikasi XAMPP pada komputer atau laptop anda. Jika tidak tau caranya silahkan baca Cara install XAMPP di Windows. Setelah menginstall XAMPP anda harus membuat database. Silahkan baca Cara membuat Database dengan XAMPP offline. Jika semuanya sudah maka anda sudah siap menginstall wordpress di localhost menggunakan XAMPP.

Cara install WordPress di localhost menggunakan XAMPP

Cara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP

  1. Pertama silahkan anda siapkan file wordpress.zip terbaru. Jika anda belum memiliki file wordpress, silahkan download langsung di websitenya. Kunjungi wordpress.org untuk mendownload wordpress terbaru.
  2. Setelah anda download dan selesai, buka folder XAMPP pada komputer anda. Apabila anda menggunakan cara install wordpress di komputer di artikel saya. Maka folder yang harus anda buka adalah c:\xampp\htdocs. Kemudian extrak file wordpress.zip dan copykan folder wordpress tersebut pada folder htdocs.
    Cara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP 1
  3. Setelah itu silahkan anda mengganti nama wordpress pada folder htdocs sesuai dengan keinginan anda. Disini saya menggantinya dengan nama blogku. Nama ini akan digunakan untuk mengakses wp-admin pada wordpress. Atau kata lainnya adalah sebagai domain.
    Cara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP 2
  4. Selanjutnya buka browser yang anda miliki dan sukai, bisa menggunakan chrome, mozilla, opera atau safari. Sekarang mari kita membuka file wordpress pada folder htdocs menggunakan browser. Ini berfungi untuk menginstall wordpress selanjutnya. Tulis pada address bar seperti ini http://localhost/namafolder anda. Karena kami menggunakan nama blogku maka saya akses menggunakan alamat http://localhost/blogku. Apabila sudah terbuka klik pada Create a Configuration File.
    Cara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP 3
  5. Selanjutnya klik Let’s GOCara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP 4
  6. Langkah berikutnya adalah mengisi semua data pada website offline anda. Isi semua data yang diperlukan seperti nama database, user name dan passwords. Sebelum mengisi ini anda harus sudah memiliki database pada XAMPP terlebih haluhu. Jika belum memiliki database, silahkan baca cara membuat database di XAMPP. Untuk table perfix biarkan saja seperti gambar dibawah ini.Cara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP 5
  7. Kemudian silahkan anda klik pada RUN THEĀ INSTALLCara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP 11
  8. Selanjutnya akan terbuka halaman baru lagi yaitu anda harus memasukan data pribadi wordpress anda. Username dan password ini anda gunakan untuk login pada wp-admin web anda. Isikan juga judul website dan deskripsi websita yang anda inginkan. Setelah semuanya selesai selanjutnya klik pada install WordPress. Lihat gambar dibawah ini.
    Cara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP 6
  9. Selamat website offline yang anda inginkan sudah jadi dan siap di gunakan untuk mendesain web, membangun website offline dan lain sebagainya. Klik Login untuk masuk ke admin wordpress offline anda.
    Cara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP 7
  10. Masukan username dan password yang sudah anda buat tadi pada poin no 8 untuk masuk ke dasboard wordpress anda. Untuk mengakses pada hari berikutnya atau hari-hari yang akan datang. Anda bisa menggunakan url seperti ini pada browser anda. Ketikan http://localhost/nama-folder/wp-admin. Karena folder saya menggunakan nama blogku. Maka saya mengaksesnya menggunakan alamat http://localhost/blogku/wp-admin dan akan terbuka halaman login.
    Cara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP 8

Catatan : Untuk mengistal wordpress di localhost menggunakan XAMPP anda boleh membuka aplikasi XAMPP terlebih dahulu atau juga tidak perlu membukanya juga tidak masalah. Namun untuk membuat database dan lainnya anda harus membuka aplikasi XAMPP terlebih dahulu.

Seperti itulah cara installl wordpress di localhost menggunakan XAMPP dengan metode paling mudah dari pada yang lainnya. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk membangun website secara offline kemudian mentrasfernya ke hosting dan domain online asli dan berbayar.

Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa share dan berkomentar pada artikel terbaru abizar-rasdan.com web tutorial belajar website pemula. Selamat mencoba salam #ARS

No Comments Yet.

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.